TEKNOLOGI GAME
March 12, 2017
Nama :Mohammad Fajri Adisyah Putra
Kelas : 3IA20
NPM : 56414785
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
Tugas BAB 1
PENDAHULUAN
1.
Storyboard
(jalan cerita)
Jalan cerita sangat penting untuk menentukan awal dan akhir dari sebuah
game.Tanpa jalan cerita yang jelas,pemain akan bingung dan kesulitan untuk
menyelesaikan game.Jalan cerita harus unik agar tidak menimbulkan kebosanan
saat bermain,misalkan pada game RPG menambahkan fitur-fitur tersembunyi
sehingga pemain lebih antusias menelusuri gamenya.
2.
Grafik
Grafik sangat berguna untuk menambah minat pemain dalam bermain,misalkan
game untuk anak-anak,buatlah yang sederhana,terang,dan berikan beberapa
karakter yang imut dan lucu.Berbeda dengan remaja dan orang dewasa
tentunya.Video game terbagi dua menurut dimensinya,yaitu:
§
2D
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki
dua sisi (X dan Y).Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan vector
maupun bitmap.Untuk membuat animasi bergerak kita harus membuat gambar satu
persatu yang disebut dengan frame.
§
3D
Sama dengan dua dimensi,game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan
ruangnya,hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi yaitu X dan Y,dalam game 3D
memiliki tiga sisi X,Y dan Z.
3.
Tokoh
Tokoh sangat penting untuk menambah minat dalam bermain game,misal game
Ragnarok,dalam game ini diberikan 1 tokoh yaitu seorang “Novice” dapat dipilih
sesuai gender.Novice itu dapat berubah menjadi job yang diinginkan.Novice dapat
memilih 1 dari 10 job yang ada.Agar tidak bosan,pemain dapat membuat lebih dari
1 karakter berbeda di dalam game ini.
4.
Alur
Game
Dalam suatu genre,buatlah alur game yang cocok dengan genre
tersebut.Contohnya,game RPG membutuhkan karakter yang heroik dan pendamping
karakter utama.Ditengah perjalanan,mereka diharuskan melawan “Bos” untuk
melanjutkan permainan.Di akhir game,mereka melawan “Bos Terakhir” untuk
mengakhiri permainan.”Bos Terakhir” ini haruslah kuat,karena disetiap
perjalanan karakter pasti akan menerima “Level Up”.Sehingga pertarungan “Bos
Terakhir” dan karakter akan seimbang.Kalau perlu,buatlah ending yang unik.
5.
Konsep
suara dan latar.
Semakin menarik sebuah gam,pasti semakin banyak yang memainkan game itu.Nah
suara dan musik adalah salah satu bagian terpenting juga.Misalkan membuat tokoh
utama bersuara jika berinteraksi dengan NPC (Non Player Character),Lalu
penambahan musik-musik saat memasuki sebuah negara,kota atau dungeon dapat
menambah ketegangan dan kesenangan dalam bermain game itu.
· Pengertian
Game
Game merupakan suatu program yang
dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi salah satu kebutuhan manusia,yaitu
kebutuhan manusia pada hiburan,suatu bentuk hiburan yang dapat dijadikan
sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya aktivitas
sehari-hari.
·
Jenis
Game(gamesetting.blogspot.co.id/2014/07/macam-jenis-genre-game.html?m=1)
1.
Action
Game
Permainan yang bertema action yang menghadirkan aksi laga didalam permainannya.Untuk
itu refleks dan akurasi waktu dibutuhkan untuk memainkan genre ini.
2.
Adventure
Game
Permainan game yang bertema petualangan.Dalam game ini banyak menghadirkan
aksi dalam petualangan seperti menjelajah tempat-tempat baru berupa pulau,lautan
atau hutan.
3.
Arcade
Game
Tipe permainan yang bersifat simple dan mudah.Game Arcade tidak terlalu
mementingkan unsur jalan cerita,dan hanya bersifat for fun saja.
4.
Fighting
Game
Game Pertarungan dan perkelahian antara dua karakter dan biasanya bisa
dimainkan multiplayer.
5.
Racing
Game
Game yang bersifat balapan untuk mencapai garis finish.Dalam hal ini
keterampilan mengemudi akan berpengaruh.
6.
Role-Playing
Game (RPG)
Game tipe ini memungkinkan kita berperan sebagai tokoh dalam sebuah
game.Biasanya untuk menyelesaikan misi atau quest dalam game.Game RPG biasanya
cukup kompleks.
7.
Shooter
Game
Ada 2 jenis shooter game,yaitu:
First-Person Shooter (FPS) ,game shooter dengan perspektif orang pertama.
Third
Person Shooter (TPS),game shooter dengan perspektif orang ketiga.
TEKNOLOGI GAME
·
Bisnis
dalam game PC
Bisnis dalam game berkembang pesat
seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini.Dahulu kita hanya dapat
menikmati game yang tersedia dalam komputer itu sendiri,seperti pinball dan
solitaire.Namun sekarang sudah tersedia game online,dan juga games yang dapat
didownload baik free maupun berbayar.Games berbayar juga merupakan bisnis
karena sama saja kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang didalam
game.Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi
pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus didalamnya.
·
3D
Engine
Pada 3D, engine bukanlah exutable
program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri
sendiri. 3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang
untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D,fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D
grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang
sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API
terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di
platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki
data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang
menyediakan beragam operasi grafik 3D.
·
Scene
Graph
Konsep scene graph merupakan inti dari
Java3D. Sebuah scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri,
material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual
Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di
dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan
untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
- Menciptakan objek Canvas3D.
- Menciptakan sebuah scene graph.
- Menghubungkan objek Canvas3D ke objek
BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph.
1.
Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE
merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game
engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu
men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility
hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem
library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface
di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya
khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain.
Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game
development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.
Fitur-fitur pada OGRE:
§
Desain yang object-oriented dengan
menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
§
Engine berbasis scane graph dengan
bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape
scene manager.
§
Multi-platform dengan dukungan OpenGL
& Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus
mempunyai content creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua
versi Windows.
§
OGRE mendukung program vertex dan
fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler .
§
The landscape scene manager untuk
progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual.
§
Engine annimasi yang men-support penuh
untuk multiple hardware.
2.
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang
bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan
interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman
komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak
dan alat produksi profesional.Processing mengintegrasikan suatu bahasa
pemrograman,lingkungan pemrograman,dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
3.
Game
Maker
Development tools yang cocok bagi siapa saja yang ingin membuat game.Apapun
tingkat keahlian anda dalam pembuatan game developer professional.Game maker
menyediakan tools yang sangat lengkap untuk membuat game yang menarik dengan
cepat dan mudah.
4.
Unity 3D
Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi
platform yang didesain untuk mudah digunakan.Editor pada unity dibuat dengan
user interface yang sederhana.Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat
video game 3D,real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur.
0 comments