PEREDARAN NARKOBA DI KALANGAN PERGURUAN TINGGI

November 13, 2014

1. Menurut pandangan saya tentang maraknya peredaran narkoba di lingkungan kampus itu sangat disayangkan dan mengkhawatirkan dan ini adalah masalah yang serius karena, mahasiswa merupakan generasi muda yang memiliki intelektual tinggi, dan diproyeksikan akan menjadi pimpinan di masa depan dan juga kampus yang sedianya merupakan tempat menuntut ilmu ternyata tidak lepas dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba dan menjadi tempat strategis karena di sana menjadi tempat perkumpulan banyak orang. Pergaulan dan interaksi antar mahasiswa terjadi dengan sangat dinamis.Karena itulah mahasiswa diharapkan bisa jadi salah satu bagian dari entitas sosial yang menjadi benteng untuk menghentikan peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Peran mahasiswa untuk hal tersebut sangat besar, minimal di kalangan kampus sendiri dan umumnya di wilayah atau regional masing-masing dan maraknya peredaran narkoba di tempat untuk menimba ilmu tersebut harus dibasmi oleh orang yang terkait di dalamnya, yaitu mahasiswa itu sendiri.

2. Bisa tidaknya terjadi peredaran narkoba di kampus gunadarma tergantung dari sifat masing-masing orang yang ada di dalamnya,kebanyakan mahasiswa itukan remaja  yang masih proses menuju kedewasaan jadi sifatnya suka berubah-ubah,selalu ingin mencoba,energik,dinamis,dan,mereka juga mudah tergoda dan putus asa sehingga mudah jatuh pada masalah penyalahgunaan narkoba. Kalau ada satu atau beberapa orang saja menjadi pecandu, maka pasti akan ada kawan-kawannya yang tertular. Jika sudah tertular, maka akan ada peningkatan permintaan pasar akan komoditas narkoba. Awal mulanya hanya satu atau dua orang pecandu. Dia kemudian mengajak dengan berbagai macam cara agar ada teman untuk sama-sama mengonsumsi narkoba. Bisa jadi dengan cara menjebak. Seseorang dapat menjadi penyalahguna narkoba karena dua faktor. Pertama karena faktor genetik dan faktor lingkungan.

3. Saran untuk mendeteksi kemungkinan tersebut adalah,melakukan tes urine pada mahasiswa/mahasiswi baru dan melakukan tes urine acak secara berkala karena,pintu masuk masalah penyalahgunan Narkoba saat ini adalah saat penerimaan mahasiswa baru.Penanganannya jika sudah terjadi adalah diperlukannya strategi yang sistematis dalam penanggulangan masalah Narkoba ini dengan tetap berkoordinasi dengan lembaga penegak hukum yang berwenang.

4. Jika belum terjadi,upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di lingkungan kampus,sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru/dosen, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita. Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika melakukan program anti narkoba di sekolah dan perguruan tinggi. 
  • Pertama adalah dengan mengikut sertakan keluarga. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa sikap orangtua memegang peranan penting dalam membentuk keyakinan akan  penggunaan narkoba pada anak-anak. Strategi untuk mengubah sikap keluarga terhadap penggunaan narkoba termasuk memperbaiki pola asuh orangtua dalam rangka menciptakan komunikasi dan lingkungan yang lebih baik di rumah. Kelompok dukungan dari orangtua merupakan model intervensi yang sering digunakan.
  • Kedua, dengan menekankan secara jelas kebijakan tidak pada narkoba. Mengirimkan pesan yang jelas tidak menggunakan membutuhkan konsistensi sekolah-sekolah/perguruan tinggi untuk menjelaskan bahwa narkoba itu salah dan mendorong kegiatan-kegiatan anti narkoba di sekolah dan perguruan tinggi. Untuk anak sekolah harus diberikan penjelasan yang terus-menerus diulang bahwa narkoba tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan emosi namun juga kesempatan mereka untuk bisa terus belajar, mengoptimalkan potensi akademik dan kehidupan yang layak.
  • Terakhir, meningkatkan kepercayaan antara orang dewasa dan anak-anak. Pendekatan ini mempromosikan kesempatan yang lebih besar bagi interaksi personal antara orang dewasa dan remaja, dengan demikian mendorong orang dewasa menjadi model yang lebih berpengaruh.
Oleh sebab itu, mulai saat ini pendidik, pengajar, dan orang tua, harus sigap serta waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak sendiri. Dengan berbagai upaya tersebut di atas, mari kita jaga dan awasi anak didik dari bahaya narkoba tersebut, sehingga harapan untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik.

Sumber
http://ryanz17.blogspot.com/2014/02/makalah-narkoba-dikalangan-pelajar-dan.html
My Mind

You Might Also Like

0 comments