Karya Seni Lukisan Leonardo Da Vinci "The Last Supper"

March 25, 2015

Estetika sebuah karya apapun itu menjadi nilai lebih bagi para penikmatnya tersendiri. Baik itu karya sastra, kaya seni rupa, seni tari, dan lain – lain. Salah satunya seni lukis yang diusut pada analisis ini.

   Seni lukis mempunyai hal yang berbeda dengan seni yang lainnya. Seni Lukis mempunya nilai estetik yang terselubung dibalik campuran warna, gradasi, tema, serta posisi gambar yang diciptakan oleh sipembuatnya. Sebut saja pelukis.

  Pelukis juga mempunyai cara yang unik untuk menuangkan ekspresi yang menjadi sebuah karya. Bahkan menjadi Maha Karya. Dengan mencampurkan cat minyak diatas kanvas. Ataupun dengan media yang berbeda seperti dinding, tubuh, atau apapun itu. Maka dari pada itu, Menganalisis sebuah karya Lukisan adalah sebuah pekerjaan yang harus teliti dan mempunyai makna yang sama dengan sipencipta tersebut. Karna terkadang penciptanya menyisikan makna yang benar-benar tersembunyi disetiap kaya Lukisannya.
The Last Supper

Lukisan diatas di beri nama The Last Supper. Namun orang Indonesia menyabutnya sebegai lukisan Perjamuan Kudus. Paadhal arti dari The Last Supper itu sendiri adalah Perjamuan Terakhir. 

Lukisan yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci ini dibuat pada tahun 1495 sampai 1498. Ukurannya 450 x 870 cm atau sekitar 15 kaki – 29 kaki.Leonardo da Vinci melukis The Last Supper pada dinding kering dengan alas di plester basah, sehingga tidak benar-benar lukisan dinding. Karena fresko tidak dapat dimodifikasi sebagai karya seniman, Leonardo malah memilih untuk menutup dinding batu dengan lapisan pitch, Gesso dan damar wangi, kemudian cat ke lapisan pemeteraian dengan tempera. Karena metode yang digunakan, potongan waktu tidak bertahan lama. Dan dalam beberapa tahun penyelesaian itu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kemunduran.


Lukisan yang mempunyai banyak misteri ini telah menjadi salah satu pokok pikiran dalam membuat buku-buku yang telah ternama. Seperti buku karangan Dan Brown seorang penulis Amerika yang menulis buku Da Vinci Code. Yaitu salah satu buku terlaris di dunia.
Banyak hal yang dapat kita analisis dari lukisan ini. Jika kita melihat dari lukisan yang sesungguhnya. Ada beberapa hal yang mempunyai makna. Jika dari sejarah dan cerita yang terjadi saat itu adalah. Pengkhianatan salah satu murid Yesus yang bernama Yudas Iskariot. Kita liat susunan nama dari lukisan ini.


       Dari sebelah kiri. Bartolomeus, Yakobus, Andreas, Simon Petrus Hutasoit, Petrus, Judas Iskariot, Yohanes, Jesus, Thomas, Yakobus Greater, Philipus, Matius, Yudas Tadeus, Simon Orang Zelot.Pada kelompok 3 murid di sebelah kiri dekat Yesus berdiri Thomas yang mengacungkan tangannya dan meragukan ucapan Yesus, kedua disamping Thomas adalah Yakobus yang merentangkan tangannya seakan-akan menolak nubuatan itu. Dibelakang Yakobus berdiri Filipus yang meletakkan kedua tangannya di dadanya menunjukkan devosinya pada Yesus.


     Pada kelompok 3 murid yang dekat di sebelah kanan Yesus ada Yohanes yang digambarkan sebagai pribadi yang halus karena ia terkenal sebagai rasul kasih. Yohanes agak tersentak ketika mendengar kabar ada yang mau menyerahkan Yesus, dibelakangnya yang dekat dengannya, ada Petrus yang menunjukkan muka marah dan ingin melawan mereka yang berani menyerahkan Yesus. Petrus bahkan memegang pisau yang siap digunakan melawan sipenghianat. Murid ketiga di sebelah kanan Yesus adalah Yudas yang mukanya berada dalam kegelapan setelah mendengar ucapan Yesus kemudian duduk tersentak ke belakang sambil mendekap pundi-pundi berisi uang suap yang telah diterimanya karena ia berjanji kepada pemuka agama Yahudi akan menyerahkan Yesus. Enam murid lainnya tiga disebelah kanan jauh dan tiga disebelah kiri jauh dari tempat Yesus semua teragitas dan duduk mempertanyakan ucapan Yesus.


Tanda yang pertama jika pada lukisan yang asli. Leonardo Da Vinci membuat bayanggan cahaya pada semua murid-murid Yesus. Kecuali Judas Iskariot. Itu menandakan bahwa sebagai penanda bahwa Judas Iskariot adalah satu-satunya yang mempunya otak kotor untuk menjual gurunya sendiri, Yesus.

Jadi semua tanda dan simbol yang diciptakan oleh Leonardo Da Vinci mempunyai makna. Meskipun setiap orang mempunyai makna yang berbeda dari penafsiran lukisan ini. Seperi Dan Brown pada bukunya The Da Vinci Code.

Lukisan Master Piece ini mempunyai makna yang beragam saat setiap orang melihat dan menganalisisnya. Tanda-tanda yang ada dalam lukisan ini membuat banyak orang menafsirkan secara asal dan gamblang terhadap apa yang ada tanpa melihat apa sejarah yang ada di balik lukisan tersebut.

Namun lukisan ini mempunyai makna sebagai tanda pengkhianatan dari salah satu murid Yesus yang ingin menyerahkann-Nya. Dan juga reaksi serta tindakan yang dilakukan oleh semua murid-muridnya. Keindahan yang dimiliki lukisan ini juga terlihat dari kebersamaan mereka meskipun mempunyai latar belakang yang berbeda. Dan Yesus sebagai guru dan panutan mereka. Dan diatas meja yang tersedia Roti dan Anggur yang menjadi simbol daging dan darah Yesus untuk murid-murudnya nikmati sebelum Dia mati dikayu Salib.


You Might Also Like

1 comments

  1. Artikel menarik.... Berbagi wawancara dengan Leonardo da Vinci (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/03/wawancara-dengan-leonardo.html

    ReplyDelete