Penyebab Kegelisahan Dalam Diri Sendiri Dan Cara Mengatasinya

May 22, 2015

   Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya berjalan,mundar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukan kepala memandang jauh kedepan sambil mengepal-ngepal tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicaran dan lain-lain.kegelisahan dapat diketahui melalui perubahan tingkah laku dan kebiasaan seseorang dalam melakukan sesuatu.seseorang yang sedang gelisah akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, dan biasanya emosinya meningkat.

Faktor Penyebab Kegelisahan

    Seseorang merasakan kegelisahan biasanya karena merasa tidak bisa melakukan sesuatu yang akan dikerjakannya pada masa depan. Misalnya, gelisah karena takut tidak mendapat kerjaan,atau bisa juga gelisah karena merasa tidak bisa mengerjakan tugas dari kampus dan kantornya.Rasa gelisah timbul ketika pikiran kita sudah dimasuki rasa negatif yg begitu tinggi akan sesuatu,sehingga rasa percaya diri akan hilang.Intinya,gelisah itu timbul karena kita merasa takut tidak bisa mengerjakan kewajiban kita sehingga takut pula untuk kehilangan haknya.

Usaha-Usaha Mengatasi Kegelisahan

  • Mengatasi sumber kecemasan yang mampu diubah.
    Terkadang kecemasan berakar dari perasaan kewalahan akibat begitu banyak hal-hal kecil yang perlu diselesaikan. Jika dilihat satu persatu, setiap hal di dalam daftar panjang yang wajib diselesaikan tidak cukup untuk menjadi sumber stres, tetapi gabungan dari tumpukan tugas-tugas kecil akan berujung dengan beban yang memicu kegelisahan. Menangani masalah dengan cara meyakinkan diri sendiri bahwa Anda memiliki kekuatan untuk menyelesaikan masalah satu per satu dapat membantu Anda mengurangi kegelisahan dengan segera.

  • Mengubah cara berpikir mengenai sumber-sumber kecemasan yang tidak mampu dikontrol.
    Sejumlah sumber kecemasan tidak bisa hilang dalam waktu dekat. Penyakit, masalah keuangan, masalah hubungan pribadi, dan sumber-sumber permanen kecemasan lain yang tidak mudah diatasi, tetapi berpikir mengenai hal tersebut dengan cara yang berbeda mampu mengurangi stres dan ketakutan yang ditimbulkannya.

  • Melatih pikiran untuk tidak gelisah.
    Meditasi adalah metode yang paling tepat untuk melatih pikiran kita untuk tidak gelisah,dan bermanfaat untuk menghilangan kegelisahan dengan serta-merta. Dengan latihan, metode ini mampu menciptakan perbaikan terhadap kondisi pikiran untuk jangka panjang serta meningkatkan kesehatan mental Anda.

  • Mencurahkan perasaan Anda.
    Membiarkan perasaan cemas terpendam di dalam diri adalah resep untuk serangan kecemasan. Mendiskusikan perasaan Anda dengan orang lain adalah langkah yang sangat penting. Anda bisa mendapatkan perspektif dari orang lain, dan bahkan mungkin mendapatkan sejumlah ide yang baik untuk memecahkan sebagian masalah yang Anda hadapi.
kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan pasti akan teratasi.

You Might Also Like

0 comments