HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

March 15, 2016

   Hyper Text Transfer Protocol didefinisikan pertama kali oleh “Tim Jhon Berners-Lee pada tahun 1997. Sebagai sebuah protokol pada application layer (layer) yang digunakan untuk mendistribusikan dan mengolaborasikan sistem informasi hypermedia melalui jaringan.
HTTP merupakan aturan-aturan uang digunakan untuk mengirimkan berkas atau lainnya melalui WWW. Berkas yang dikirim dapat berupa text, hypertext, portable document format, image bahkan audio dan video streaming.

   Versi pertama HTTP – versi 0.9 dari tahun 1991. Versi berikutnya adalah HTTP/1.0(Mei 1996), yang merumuskan dan mengembangkan protokol tersebut. HTTP/1.1(Januari 1997) mengembangkannya lebih jauh, dan memecahkan beberapa persoalan yang berkaitan dengan interprestasi dan implementasi HTTP/1.0 (Untuk mengidentifikasikan peningkatan kompleksitas, lihat perbandingan ukuran spesifikasi dari berbagai versi tersebut. Spesifikasi untuk 0.9 adalah sepanjang dua halaman dalam fromat aslinya. RFC-1945, yang menetapkan HTTP/1.0, berisi 60 halaman, dan RFC-2016, yang menetapkan HTTP/1.1. berisi 176 halaman.
Pada HTTP versi 1.1 menggunakan sejumlah istilah yang sangat berperan dalam komunikasi data menggunakan HTTP,antara lain :

  •            Koneksi adalah sebuah virtual sirkuit pada layer transport yang dibentuk untuk menghubungkan antara aplikasi client dan server.
  •              Pesan (message) atau data adalah unit dasar dari komunikasi melalui HTTP.Terdiri dari urutan octet-oktet  data yang dikirimkan melalui komunikasi HTTP.
  •             Permintaan (required) adalah permintaan terhadap suatu alamat atau sumber daya (resource) yang dikirimkan melalui komunikasi HTTP.
  •             Tanggapan (response) adalah jawaban dari pengelolaan permintaan yang dikirimkan kembali melalui komunikasi HTTP.
  •             Sumber daya (resource) adalah sebuah obyek data jaringan pelayanan yang didefinisikan oleh sebuah alamat URL.sumber daya yang diminta dapat disajikan dengan banyak bentuk penyajian seperti multiple Bahasa,format data dan ukuran.


Referensi : Mambrasar, Yusuf N. Iman, Erik. 2008. Membuat Aplikasi Web Server Dengan Winsock. Yogyakarta. ANDI.

You Might Also Like

0 comments