Tentang WEB

March 15, 2016

Pengertian WEB

World wide web adalah aplikasi yang mentransformasi internet dari tool khusus untuk kegunaan teknik dan riset menjadi media informasi universal saat ini. Untuk menterjemahkan dokumen dalam bentuk hypertext ke dalam bentuk dokumen yang bisa dipahami, maka web browser melalui web client akan membaca halaman web yang tersimpan di sebuah web server melalui protokol yang biasa disebut http atau Hypertext Transfer Protocol.


Referensi : Hariningsih, S.P. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sejarah WEB

World Wide Web merupakan kemudahan dari internet yang begitu populer di seluruh dunia. Dengan jangka waktu yang singkat ia telah menjadi begitu populer di peringkat global sejak dirintis oleh dua orang ahli fisika, yaitu Tim-Berners-Lee dan Robert Cailliau di European Particle Physics Laboratory (CENRN) Geneva, Switzerland pada tahun 1990.  Dari hanya sebanyak 500 Web pada tahun 1990, telah meningkat menjadi 11.500 pada tahun berikutnya dan tidak dapat dipastika jumlah sebenarnya dari Web yang ada saat ini. Terdapat beberapa konsep dalam WWW yang harus dipahami. Ini termasuk WWW (WWW browser) yang memaparkan file ‘hypertext’ untuk membolehkan dibaca. Browser yang populer adalah Netscape, Mosaic, Cello, dan Winweb.

Referensi : nolden,mathias. 2010. World Wide Web Di Internet. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Perkembangan Dan Perbedaan

  • Web Portal
Web portal atau kadang disebut portal saja adalah suatu situs web yang memiliki fitur seperti direktori, mesin pencari ( Search Engine ), email atau grup diskusi. Direktori merupakan daftar link yang disusun menurut kelompok tertentu ( misalnya pendidikan kesehatan) dan dapat digunakan sebagai titik awal untuk menuju ke informasi tertentu. Search adalah fasilitas yang mungkin pemakai mencari suatu informasi terntu dengan memasukkan suatu kata kunci.
  • Multimedia pada web
Untuk mendukung multimedia, computer klien harus dilengkapi dengan program yang disebut viewer atau terkadang disebut pulg-in. Program-progrm ini perlu disediakan karena sejumlah berkas terntu memang tidak oleh browser. Sebagai contoh, untuk memainkan berkas film berekstensi MOV diperlukan perangkat lunak quick time.
  • Web Statis Dan Dinamis
Web statis dibentuk dengan menggunakan html saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memlihara program secara terus-menerus utuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kelemhan ini ditasi dengan model aplikasi web dinamis. Dengan kemampuan html,yakni dengan dengan menggunakan perankat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman – halaman web anda ditangani melalui perubahan data bukan melalui perubahan program. Sebagai implementasinya, aplikasi web dapat dikoneksikan ke basis data. Dengan demikian perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertanggung jawab terhadap kemuktahiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab pemrograman atau pemrograman.

Referensi : Hariningsih, S.P. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

You Might Also Like

0 comments