Penampilan Grafik Scene Game Komputer

May 24, 2017

Nama : Mohammad Fajri Adisyah Putra
Kelas : 3IA20
NPM : 56414785
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
Judul : Penampilan Grafik Scene Game Komputer / Tugas BAB 7


A.     Apa itu Visibility?

Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer.Bagaimana sebuah game terlihat oler user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut.Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D. Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya,bayangan dan sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.

Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara horizontal dan vertikal namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.

Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:

·         3 Dimensi object/model
ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.

·         2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.

B.     2 Game Dengan Jalan Cerita Terbaik

LoD biasanya digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan pada model objek.Disebut level karena tingkat pengaturannya berbeda-beda tergantung dari seberapa jauh jarak antara model dengan viewer.


Meskipun sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja,baru-baru ini teknik LOD sudah termasuk dalam manajemen shading untuk dapat mengontrol kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun di bawah nama mipmapping,juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi. Ketika model berada pada jarak dekat dengan viewer,model sebaiknya dirender dengan detail sebanyak mungkin.Namun sebaliknya jika model berada pada jarak yang jauh dari viewer lebih baik jangan menampilkan model dengan sangat detail agar tidak mengganggu performance dan agar hasilnya justru dapat meningkatkan performance.


C.     2 Game Dengan Jalan Cerita Terbaik

·         Dungeon Of The Endless

Game ini memiliki gameplay yang merupakan gabungan dari jenis game menjelajah dungeon yang merupakan tipe game klasik dengan game tower defense yang sedang naik daun. Dungeon of The Endless mengambil setting cerita sci fi saat pesawat yang Anda tumpangi jatuh di planet. Anda bisa memilih 4 heroes dalam tim Anda, dan Anda harus mencari jalan keluar dari planet tersebut.


Level pada game ini terdiri dari banyak ruangan dengan beberapa pintu. Level pada game ini akan dibuat acak, sehingga Anda tidak akan pernah memainkan level yang sama pada setiap permainan. Tujuan Anda adalah untuk mencari lift untuk ke level berikutnya sembari mengatur energi yang di perlukan untuk mengatur pertahanan dan untuk membuka pintu lift tersebut. Namun semakin banyak ruangan yang Anda jelajahi maka akan semakin banyak pula musuh yang akan menyerang Anda. Para musuh ini akan berusaha untuk menghancurkan kristal yang menjadi sumber daya energi Anda pada game ini. Sehingga Anda selain menjelajah juga harus membuat pertahanan dari rombongan musuh yang akan menyerang ala game tower defense.

Seiring jalannya permainan, Anda akan menemukan banyak karakter baru maupun item-item baru. Game ini juga bisa dimainkan dengan teman lewat online. Masing-masing akan memilih satu karakter dan harus bekerja sama agar bisa lolos ke level berikutnya. Dungeon of The Endless memiliki kualitas gambar ala 8bit, sehingga memberikan keunikan tersendiri pada visualnya.

·         The Binding Of Isaac : Rebirth

Anda adalah Isaac, seorang anak yang dihukum oleh ibunya dan dikurung di ruang babawah tanah. Di dalam ruang bawah tanah itu, ternyata ada banyak rahasia tersembunyi. Dari monster sampai ke kekuatan ajaib yang aneh. The Binding of Isaac: Rebirth adalah game remake dari game dengan judul yang sama. Namun, jangan bingung dengan jalan cerita tadi. Karena keanehan dan keajaiban dari game inilah yang membuat game ini sangat disarankan untuk Anda mainkan.


Game ini memiliki sistem level yang acak. Dengan mekanisme action RPG ala Legend of Zelda namun dengan kekuatan dan item yang aneh bin ajaib. Seperti misalnya ada salah satu item pada game ini adalah sebuah pakaian dalam milik si ibu. Kekuatan dari item ini adalah kemampuannya untuk membuat semua musuh pingsan karena bengong. Bisa dibilang banyak item dan kekuatan dalam game ini adalah humor satir.

Karena sistem acak tersebut jugalah yang membuat game ini memiliki replayability yang sangat tinggi. Selalu ada hal baru setiap kali Anda memainkan game ini. Anda juga bisa bersenang-senang bersama teman Anda untuk coop dalam satu komputer. Visual pada game ini juga sangat unik dan khas.


You Might Also Like

0 comments