User Interface Pada Game

May 17, 2017




Nama : Mohammad Fajri Adisyah Putra
Kelas : 3IA20
NPM : 56414785
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
Judul : User Interface pada game / Tugas BAB 6

  • User Interface 

Dalam sebuah game terdapat unser penting bagi player/pemain yaitu User Interface(UI). Desain User Interface dalam game melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya/player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali. Game historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan besar karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat.

 Desain antarmuka (interface) dalam aplikasi komputer adalah adalah suatu rancangan dari sebuah aplikasi/software, mobile devices, websites, maupun games yang fokus pada pengalaman antara pengguna aplikasi tersebut.  Desain antarmuka ( interface ) berfungsi untuk memudahkan pemakai dalam menggunakan aplikasi komputer maupun devices lain secara efektif dan efisien. Akan tetapi desain antarmuka dalam games tidak sama dengan desain antarmuka pada perangkat lainnya, dan di dalam games terdapat unsur fiksi yang melibatkan pemain/pengguna sebenarnya dalam bentk (avatar).

 Sedangkan definisi dari User Interface disebut “UI” atau secara terjemah berarti “antarmuka,” adalah cara di mana seseorang mengontrol aplikasi perangkat lunak atau perangkat keras. Sebuah antarmuka pengguna yang baik memberikan pengalaman “user-friendly”, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak atau perangkat keras dengan cara alami dan intuitif.

 Jika desain UI kurang baik maka akan berdampak pada pemain yang berujung dengan kurangnya peminat dari game tersebut. UI, atau User Interface, mengacu pada metode (keyboard kontrol, kontrol mouse) dan antarmuka (layar persediaan, layar peta) melalui mana pengguna berinteraksi dengan permainan tersebut.

  • Contoh Games User Interface dengan Menggunakan AI dan Perbedaannya
1.       Pro Evolution Soccer

Hal pertama setelah selesai menginstall dan memainkan game ini adalah user interface yang klasik,berbeda dengan game lainnya yang menerapkan konsep UI dengan metro style yang populer saat ini,team PES malah menyuguhkan hal yang klasik dalam user interfacenya.Hal ini menjadikan nilai tersendiri bagi saya,mungkin untuk beberapa orang merupakan nilai minus tetapi menurut saya ini adalah hal yang bagus,dimana PES memberikan nilai sendiri.
Game PES tidak diragukan lagi kualitasnya untuk sebuah simulasi permainan olahraga sepakbola, di karenakan kemampuan user interface yang menarik seperti dibawah ini: 

  •          User Friendliness dan Menu Interaktif

PES sangat mudah untuk di mainkan, bagi siapa saja dari anda yang mengerti atau bahkan sekedar pernah melihat orang bermain bola, pasti bisa memainkan game ini. Interface didesain secara sederhana tetapi menarik dan fungsional. Hal ini menjadikan PES sangat mudah dioperasikan oleh berbagai jenis user.
PES dengan menu - menu sederhana dan tampilan yang menarik. Sehingga permainan tidak terasa monoton atau membosankan. User tidak akan di bingungkan dengan keberadaan menu yang terlalu bercabang - cabang. PES memliki menu yang sederhana namun terarah.


  •          User interface yang lebih rapih dan simple

User interface terlihat simple dan gampang untuk dimengerti,terutama bagi para gamer yang baru pertama kali bermain PES ini.Selain itu juga,saat kita memilih tim favorit kita,maka user interface dari PES ini akan menampilkan pemain-pemain dari klub favorit tersebut.



2.      Assasin's Creed

Assasin's Creed adalah game dengan genre action - Stealth.Game ini memiliki UI yang unik,dimana UI dibuat seminimalis mungkin sehingga pemain dapat menghayati alur cerita.Jika pemain mengaktifkan "Eagle Vision"maka tampilan game akan berubah menjadi redup dan pemain dapat membedakan AI musuh yang berwarna merah dan yang menjadi AI target akan berubah menjadi emak.Hal tersebut termasuk kedalam elemen user interface diegetik.Elemen user interface yang diegetik ada  dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual,audible atau haptic.

  • Perbedaan antara kedua game tersebut
Dari kedua game diatas dapat disimpulkan perbedaan UI nya,Game Assasin's Creed mempunyai UI yang minimalis dan terkesan lebih hidup dibandingkan dengan game PES yang notabene termasuk kedalam game sport dengan komponen UI nya yang lengkap,dan rapih,user friendly dan interaktif. UI game Assasin's Creed yang mengusung elemen diegetik yaitu UI melebur kedalam dunia game sedangkan PES sepenuhnya menggunakan elemen meta karena terdapat HUD yang akan membantu pemain mengetahui status player yang dimainkan seperti stamina,nama player,dll.


You Might Also Like

0 comments