TEKNOLOGI GAME

March 12, 2017

Nama :Mohammad Fajri Adisyah Putra
Kelas : 3IA20
NPM : 56414785
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski

Tugas BAB 1

PENDAHULUAN

Konsep Game
(bayyon.blogspot.co.id/2014/06/konsep-dalam-membuat-sebuah-game_23.html?m=1)

Konsep yang baik dapat meningkatkan kualitas dalam bermain game.Beberapa konsep seperti storyboard,grafik,tokoh,alur game,konsep suara & latar,dan perkembangan game.


1.      Storyboard (jalan cerita)
Jalan cerita sangat penting untuk menentukan awal dan akhir dari sebuah game.Tanpa jalan cerita yang jelas,pemain akan bingung dan kesulitan untuk menyelesaikan game.Jalan cerita harus unik agar tidak menimbulkan kebosanan saat bermain,misalkan pada game RPG menambahkan fitur-fitur tersembunyi sehingga pemain lebih antusias menelusuri gamenya.

2.      Grafik
Grafik sangat berguna untuk menambah minat pemain dalam bermain,misalkan game untuk anak-anak,buatlah yang sederhana,terang,dan berikan beberapa karakter yang imut dan lucu.Berbeda dengan remaja dan orang dewasa tentunya.Video game terbagi dua menurut dimensinya,yaitu:
§  2D
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi (X dan Y).Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan vector maupun bitmap.Untuk membuat animasi bergerak kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan frame.
§  3D
Sama dengan dua dimensi,game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya,hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi yaitu X dan Y,dalam game 3D memiliki tiga sisi X,Y dan Z.

3.      Tokoh
Tokoh sangat penting untuk menambah minat dalam bermain game,misal game Ragnarok,dalam game ini diberikan 1 tokoh yaitu seorang “Novice” dapat dipilih sesuai gender.Novice itu dapat berubah menjadi job yang diinginkan.Novice dapat memilih 1 dari 10 job yang ada.Agar tidak bosan,pemain dapat membuat lebih dari 1 karakter berbeda di dalam game ini.

4.      Alur Game
Dalam suatu genre,buatlah alur game yang cocok dengan genre tersebut.Contohnya,game RPG membutuhkan karakter yang heroik dan pendamping karakter utama.Ditengah perjalanan,mereka diharuskan melawan “Bos” untuk melanjutkan permainan.Di akhir game,mereka melawan “Bos Terakhir” untuk mengakhiri permainan.”Bos Terakhir” ini haruslah kuat,karena disetiap perjalanan karakter pasti akan menerima “Level Up”.Sehingga pertarungan “Bos Terakhir” dan karakter akan seimbang.Kalau perlu,buatlah ending yang unik.

5.      Konsep suara dan latar.
Semakin menarik sebuah gam,pasti semakin banyak yang memainkan game itu.Nah suara dan musik adalah salah satu bagian terpenting juga.Misalkan membuat tokoh utama bersuara jika berinteraksi dengan NPC (Non Player Character),Lalu penambahan musik-musik saat memasuki sebuah negara,kota atau dungeon dapat menambah ketegangan dan kesenangan dalam bermain game itu.

·       Pengertian Game

Game merupakan suatu program yang dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi salah satu kebutuhan manusia,yaitu kebutuhan manusia pada hiburan,suatu bentuk hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari.

·         Jenis Game(gamesetting.blogspot.co.id/2014/07/macam-jenis-genre-game.html?m=1)

1.      Action Game
Permainan yang bertema action yang menghadirkan aksi laga didalam permainannya.Untuk itu refleks dan akurasi waktu dibutuhkan untuk memainkan genre ini.

2.      Adventure Game
Permainan game yang bertema petualangan.Dalam game ini banyak menghadirkan aksi dalam petualangan seperti menjelajah tempat-tempat baru berupa pulau,lautan atau hutan.

3.      Arcade Game
Tipe permainan yang bersifat simple dan mudah.Game Arcade tidak terlalu mementingkan unsur jalan cerita,dan hanya bersifat for fun saja.

4.      Fighting Game
Game Pertarungan dan perkelahian antara dua karakter dan biasanya bisa dimainkan multiplayer.

5.      Racing Game
Game yang bersifat balapan untuk mencapai garis finish.Dalam hal ini keterampilan mengemudi akan berpengaruh.

6.      Role-Playing Game (RPG)
Game tipe ini memungkinkan kita berperan sebagai tokoh dalam sebuah game.Biasanya untuk menyelesaikan misi atau quest dalam game.Game RPG biasanya cukup kompleks.

7.      Shooter Game
Ada 2 jenis shooter game,yaitu:
First-Person Shooter (FPS) ,game shooter dengan perspektif orang pertama.
Third Person Shooter (TPS),game shooter dengan perspektif orang ketiga.


TEKNOLOGI GAME

·         Bisnis dalam game PC
Bisnis dalam game berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini.Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia dalam komputer itu sendiri,seperti pinball dan solitaire.Namun sekarang sudah tersedia game online,dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar.Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang didalam game.Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus didalamnya.

·         3D Engine
Pada 3D, engine bukanlah exutable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. 3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D,fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D.

·         Scene Graph
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
- Menciptakan objek Canvas3D.
- Menciptakan sebuah scene graph.
- Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph.
1.      Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.

OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.

Fitur-fitur pada OGRE:
§  Desain yang object-oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
§  Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape scene manager.
§  Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua versi Windows.
§  OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler .
§  The landscape scene manager untuk progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual.
§  Engine annimasi yang men-support penuh untuk multiple hardware.

2.      Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional.Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman,lingkungan pemrograman,dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.

3.      Game Maker
Development tools yang cocok bagi siapa saja yang ingin membuat game.Apapun tingkat keahlian anda dalam pembuatan game developer professional.Game maker menyediakan tools yang sangat lengkap untuk membuat game yang menarik dengan cepat dan mudah.

4.      Unity 3D
Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan.Editor pada unity dibuat dengan user interface yang sederhana.Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D,real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur.

You Might Also Like

0 comments